1. Raja Ampat



Raja Ampat menjadi primadona baru di dunia pariwisata di Indonesia. Pesona tempat-tempat wisata di Indonesia dikenal luas oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Raja Ampat sendiri adalah kumpulan pulau di ujung Papua. Terdapat empat pulau utama di sini, yaitu Batanta, Salawati, Waigeo dan Misool.
Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat tidak perlu diragukan. The Nature Conservancy bahkan menyebutkan bahwa sekitar 75% kehidupan laut dunia dapat ditemukan di perairan Raja Ampat. Untuk membuktikannya, silakan persiapkan perlengakapan selam Anda dan mulailah menjelajahi alam bawah laut. Oktober dan November disebut sebagai waktu terbaik untuk menyelam di sini karena kondisi cuaca dan air yang ideal.
Selain menyelam, Anda bisa menjelajahi keindahan pulau-pulau daratan di Raja Ampat. Penduduk setempat akan dengan senang hati menawarkan jasanya sebagai panduan. Selama trekking, Anda juga bisa mampir ke rumah-rumah warga dan berinteraksi langsung atau membeli kerajinan tangan seperti patung Asmat dan alat musik tradisional sebagai suvenir karya mereka.

2. Borobudur



Borobudur adalah kompleks candi Budha terbesar di dunia. Tempat wisata di Indonesia ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. Borobudur dimakamkan abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, sampai ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.
Tempat wisata di Indonesia diperkirakan akan dibangun pada tahun 824. Bangunan ini terdiri dari vulkanik dan membentuk balok 504 patung Buddha, 72 stupa dan stupa tepat di atas candi. Mitos, jika Anda memasukkan tangan ke lubang stupa dan berhasil menyentuh patung yang ada di dalamnya, maka keinginan Anda akan terkabul. Di sini, Anda juga dapat membeli berbagai suvenir mulai dari T-shirt, gantungan kunci, kipas hingga miniatur Borobudur.
Pada perayaan Waisak, Candi Borobudur menjadi pusat pertemuan banyak umat Buddha dari berbagai belahan dunia seperti Tibet dan Thailand. Ritual ini menjadi salah satu objek wisata di sini. Yang paling diminati oleh para wisatawan adalah acara puncak berupa pelepasan lentera ke langit. Lentera akan dirilis bersamaan dengan doa dan harapan untuk tahun depan.


3. Taman Laut Bunaken



Taman Laut Bunaken menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang kembali ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia, tepatnya pada tahun 2005. Hal ini disebabkan karena kekayaan dan keanekaragaman biota lautnya yang luar biasa mulai dari terumbu karang, rumput laut hingga jenis ikan.
Tempat wisata ini memiliki lebih dari 30 tempat menyelam yang menjadi favorit banyak penyelam domestik dan asing. Selain menyelam dan kontak langsung dengan ikan di sini, Anda juga bisa menyelam dengan kapal selam yang telah disediakan. Kapal ini memiliki dinding kaca transparan untuk membiarkan Anda melihat pemandangan bawah laut Taman Laut Bunaken tanpa terkena air dan lembab. Hmm menarik !

4. Pulau Komodo



Pulau Komodo di Taman Nasional Komodo bersama dengan pulau-pulau lain di sekitar pulau Nusa Tenggara. Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan pandangan pada Indonesia sebagai salah satu situs warisan dunia. Pulau ini dianggap sebagai habitat komodo yang harus dilindungi. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam tanah dan bawah laut yang luar biasa. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di sini, mulai dari trekking, menyelam hingga snorkerling.
Untuk trekking, Anda dapat menjelajahi pulau dengan grup dan ranger atau pemandu. Di perjalanan, Anda dapat menemukan naga sedang berburu mangsa atau beristirahat. Ranger akan membekali Anda dengan ujung tongkat bercabang dua. Tongkat ini dipercaya melemahkan binatang ketika naga mulai menyerang. Dengan menekan naga leher menggunakan ujung tongkat bercabang, hewan-hewan ini akan langsung jinak. Penting bagi Anda untuk menjaga setiap gerakan saat berjalan karena hewan-hewan ini sangat sensitif terhadap gerakan tiba-tiba. Menyelam dan snorkeling di perairan Pulau Komodo juga tidak kalah seru.
Tempat wisata ini juga dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya dan menjadi salah satu situs penyelaman favorit. Fitur menarik lainnya adalah kehadiran Pink Beach. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna kemerahan. Warna ini mungkin berasal dari serpihan karang yang dihancurkan dan dicampur bersama pasir. Ketika terkena gelombang, warna merah menjadi semakin jelas karena basah.


 5. Taman Mini Indonesia



Jika biasanya Anda dapat mengunjungi museum untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya suatu daerah, kali ini Anda dapat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah sebagai museum raksasa untuk mengetahui budaya Indonesia. Sesuai namanya, tempat wisata di Indonesia yang diprakarsai oleh Tien Soeharto menjadi tempat untuk melihat budaya Indonesia dalam versi mini.
Di kawasan tempat wisata di Indonesia, ada danau buatan dengan pulau yang menyerupai pulau-pulau di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Anda bisa berjalan mengelilingi danau dengan perahu angsa yang telah disediakan.
Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki area paviliun 34 provinsi di Indonesia. Setiap area paviliun bergaya tradisional dan termasuk pakaian tradisional, peralatan rumah tangga sehari-hari dan senjata tradisional. Ada juga kafetaria di setiap paviliun yang menyajikan masakan khas masing-masing daerah.
Selain miniatur kepulauan Indonesia dan area pendopo, Taman Mini Indonesia Indah juga masih memiliki banyak museum dan wahana rekreasi untuk keluarga. Tempat wisata di Indonesia bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memperkenalkan Indonesia kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.