Kebutuhan Mencari Variasi

Kebutuhan mencari variasi merupakan perilaku konsumen atau pembeli yang mencari variasi yang bercirikan rendahnya keterlibatan konsumen namun perbedaan merek dianggap cukup berarti (Sunarto, 2006 : 110).

Beberapa tipe konsumen yang mencari variasi adalah sebagai berikut (Schiffman dan Kanuk, 2007:115):

a.       Perilaku pembelian yang bersifat penyelidikan (exploratory purchase behavior), merupakan keputusan perpindahan merek untuk mendapatkan pengalaman baru dan kemungkinan alternatif yang lebih baik.

b.      Penyelidikan pengalaman orang lain (vicarious exploration), konsumen mencari informasi mengenai suatu produk yang baru atau alternatif yang berbeda, kemudian mencoba menggunakannya.

c.       Keinovatifan pemakaian, konsumen telah menggunakan atau mengadopsi suatu produk dengan produk yang lebih baru dengan teknologi yang lebih tinggi, seperti pada produk elektronik yang model dan fungsinya sering mengalami perubahan.

Ketika individu tidak puas dan ia juga merupakan tipikal konsumen yang suka mencari variasi, maka ia akan lebih termotivasi untuk berpindah merek. Hal ini akan lebih mudah terjadi pada produk low involvement , dimana switching barriernya rendah bagi konsumen tersebut. Pada produk jenis ini, konsumen tidak banyak mencari informasi dan hanya melakukan evaluasi alternatif yang terbatas, sehingga ada kemungkinan variety seeking akan memoderasi hubungan ketidakpuasan konsumen dengan keputusan perpindahan merek.

Post a Comment

0 Comments