Metode Menemukan Calon Pembeli


Beberapa Metode Menemukan Calon Pembeli

            Terdapat 5 jenis metode yang digunakan untuk menemukan calon pembeli yang bisa dipergunakan sales executives  yang berpengalaman. Metode tersebut dipergunakan secara sendiri – sendiri atau kombinasi dari beberapa metode. Kelima metode tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Metode mata rantai tak berwujud
            Metode ini sangat efektif bilam prospect yang memberi nama dan alamat prospect baru telah pernah membeli produk yang ditawarkan oleh sales executives dan menginginkan produk itu. Karena puas akan produk yang mereka beli sringkali pembeli ingin teman atau orang dekatnya juga membeli produknya.

2.      Metode pusat pengaruh
            Pada tiap masyarakat atau daerah tertentu terdapat orang atau orang – orang yang mempunyai pengaruh pada para anggota masyarakat atau penduduk di daerah itu. Mereka itu mempunyai banyak relasi dalam sektor masyarakat atau daerah

3.      Metode demontrasi ditempat
            Dalam metode ini sales executives mendatangi tempat – tempat tertentu misalnya komplek perumahan, kantor koperasi, organisasi wanita dan sebagainya.
            Mereka menawarkan diri untuk mendemontrasikan produk di tempat – tempat tersebut pada hari dan jam yang disetujui bersama.

4.      Metode observasi perorangan
            Metode ini juga lazim disebut “intuitive” atau “eyes-and-ears system”. Metode ini menyarankan agar sales executives selalu memasang mata dan telinga mereka kapan saja dan dimana saja. Mereka disarankan selalu siap menangkap kesempatan memperoleh calon pembeli yang lewat dihadapannya.kesempatan mendapatkan calon pembeli kadang – kadang datang di luar rencana namun kesempatan itu harus secepatnya ditangkap.

5.      Metode mengkanvas produk secara bebas
            Biasanya Sales executives mencoba mendapatkan calon pembeli dengan mendatangi orang atau institusi yang diperkirakan dapat menjadi prospect tanpa perjanjian sebelumnya.

 Evaluasi Calon Pembeli
Seperti telah diuraikan di muka sales executives seperti itu dapat menghabiskan jam kerjanya dengan melakukan kontak dengan orang atau institusi yang pada akhirnya tidak membeli produk mereka

·         Kebutuhan akan produk
            Kriteria pertama yang menentukan apakah seseorang atau instansi adalah calon pembeli yang potensial adalah jawaban dari pertanyaan apakah mereka membutuhkan atau tertarik pada produk byang ditawarkan. Apabila seseorang atau instansi membutuhkan atau tertarik pada produk yangh ditawarkan, mereka itu dapat dikategorikan sebagai calon pembeli yang potensial.

·         Kemampuan membayar produk
            Banyak orang perorangan atau institusi membutuhkan atau menginginkan produk tertentu. Akan tetapi mereka tidak dapat dikategorikan sebagai calon pembeli yang potensial. Salah satu sebabnya adalah karena mereka tidak atau kurang mampu membayar produk itu.

·         Wewenang untuk membeli
            Evaluasi terhadap siapa mempunyai wewenang memutuskan pembelian produk dan syarat pembelian kadang – kadang harus dilakukan juga. 

·         Kemudahan untuk ditemui
            Ada calon pembeli hyang sulit sekali ditemui. Orang – orang seperti itu hendaknya tidak ditempatkan dalam urutan teratas daftar calon pembeli yang menjanjikan. Walaupun dari hasil penilaian orang – orang seperti itu memenuhi syarat sebagai calon pembeli yang potensial , bilamana sulit ditemui harapan dapat menjual produk kepada mereka juga kecil.

·         Persyaratan khusus untuk membeli
            Utuk membeli barang atau jasa tertentu kadang kadang diperlukan syarat khusus. Apabila acalon pembeli tidak dapat memenuhi syarat khusus btersebut, mereka tidak dapat dikategorikan sebagai calon pembeli yang potensial.

Post a Comment

0 Comments