Memburu Calon Pembeli


Definisi Calon Pembeli
            Dalam ilmu salesmanship calon pembeli juga disebut prospect. Sedangkan mencari calon pembeli disebut prospecting atau finding prospects. Calon pembeli dapat orang perorangan atau pembeli institusional. Agar dapat dikategorikan sebagai calon pembeli atau prospect, orang perorangan atau pembeli institusional wajib memenuhi dua macam syarat, yaitu :

1.      Mereka dapat memamfaatkan barang atau jasa yang diperdagangkan.
2.      Mempunyai uang untuk membeli barang atau jasa yang diperdagangkan itu.

Sumber Informasi Tentang Calon Pembeli
            Berikut ini disajikan daftar sumber informasi yang dapat dipergunakan untuk menyusaun daftar calon pembeli.

1.      Keluarga dan handal produk
           Permintaan sales executives mereka dapat memperkenalkannya dengan teman atau kenalan lain yanmg diperkirakan berminat pada produk yang diperdagangkan

2.      Perkunmpulan sosial
            kebanyakan sales executives yang berhasil adalah orang – orang yang pandai bergaul. Mereka gampang menjalin persahabatan dengan orang lain. Seringkali mereka menjadi anggota organisasi atau perkumpulan sosial, lingkungan, POMG, club dan sebagainya.

3.      Pelanggan produk
            Pelanggan atau pemakai produk yang merasa puas atas mmafaat produk dan layanan sales executives merupakan sumber informasi yang dapat diandalkan untuk mendapatkan calon pembeli.

4.      Buku petunjuk telpon dan buku petunjuk pariwisata.
           Dalam the yellow pager dicantumkan nama dan alamat perusahaan, organisasi dan para profesional yang dikelompokan sesuai dengan bidang usaha atau profesi. Tidak sedikit perusahaan yang mencantumkan nama dan alamat perusahaannya dalam yellow pager juga memuat uraian dan gambar produk yang mereka usahakan.

5.      Ikatan profesional dan pengusaha
            Bagi sales executives yang memperdagangkan produk khusus dengan nilai tinggi misalnya investasi surat berharga, polis asuransi kebakaran, jasa industrial estates atau produk konsumsi masyarakat kalangan atas (jasa resort hotel, cruise boating, jasa rumah sakit berbintang) para anggota ikatan profesional dan pengusaha tersebut dapat menjadi sumber informasi prospect atau menjadi prospect sendiri.

6.      Daftar alamat asosiasi perusahaan sejenis
            Setiap asosiasi perusahaan sejenis mempunyai daftar nama dan alamat anggotanya, lengkap dengan nama pimpinan puncak masing – masing perusahaan. Daftar nama dan alamat tersebut dapat dipergunakan sales executives yang melayani sektor usaha tiap asosiasi, sebagai sumber informasi calon pembeli produk mereka.

7.      Pameran atau ekshibisi dagang
        Dalam banyak pameran atau ekshibisi dagang penyelenggara pameran meminta para pengunjung mengisi daftar hadir atau meninggalkan kartu nama. 

8.      Surat kabar lokal
            Surat kabar lokal memuat berbagai berita hangat yang terjadi di daerah surat kabar itu diterbitkan. Pembukaan perusahaan, kantor cabang baru, universitas, rencana pembangunan atau perluasan proyek merupakan contoh berita yang dapat menjadi petunjuk munculnya kebutuhan berbagai macam barang dan jasa.

9.      Izin usaha
            Izin usaha atau izin mendirikan bangunan yang dikeluarkan kantor pemerintah setempat, merupakan sumber informasi calon pembeli bagi sales executives produsen mesin dan peralatan, peralatan kantor, bahan baku atau bahan bangunan. Keterangan tentang izin usaha dan izin mendirikan bangunan juga dapat dipergunakan sebagai informasi prospect bagi sales executives perusahaan asuransi dan account executives bank umum. Merka dapat menawarkan polis auransi dan jasa perbankan kepada perusahaan yang baru dibuka atau perusahaan yang membangun proyek.

1  10.  Iklan usaha bisnis
            Banyak perusahaan memasang iklan untuk menawarkan produk meraka. Mereka memberi kesempatan pembacanya untuk menanggapi iklan tersebut.

Post a Comment

0 Comments